-->

Arti Sajian Atau Goresan Pena Pada Sebelah Kiri Dashboard Blogger Dan Fungsinya

Arti sajian atau goresan pena yang ada pada sebelah kiri dashboard blogger menyerupai postingan,statistik,komentar,halaman,tata letak,tema dan setelan sangat penting untuk anda ketahui khususnya untuk anda yang gres memulai menciptakan blog.Disini saya asumsikan anda sudah mempunyai sebuah akun bloger tentunya.

Penjelasan untuk arti atau maksud dari sajian yang ada di sebelah kiri dasbor blog tersebut akan saya jelaskan selengkap mungkin untuk anda semampu saya.Jika nantinya ada yang kurang pas,saya mohon maaf alasannya saya hanya pemula yang mencoba membuatkan informasi saja.



Penjelasan Untuk Menu Pada Sebelah Kiri Dasboard Blogger atau Blogspot dan fungsinya




Arti sajian atau goresan pena yang ada pada sebelah kiri dashboard blogger menyerupai postingan Arti Menu atau Tulisan Pada Sebelah Kiri Dashboard Blogger dan Fungsinya



Menu dasbor tersebut yaitu merupakan sebuah " alat " bantu untuk anda melaksanakan setting terhadap blog yang anda kelola.tetapi biasanya untuk anda yang gres memulai menekuni dunia ini akan sedikit kebingungan ( saya juga ) dan betanya-tanya,ini buat apa sih? ini apa ya? dan banyak sekali pertanyaan lainya.

Karena penjelasanya agak panjang,jadi eksklusif saja ya.Untuk pengertian atau arti sajian dasbord di blogger yaitu sebagai berikut ini :


1. Postingan


Adapun fungsi dari goresan pena ini  yaitu sebagai berikut :
  • Tempat menciptakan artikel baru
  • Tempat mengedit artikel lama 
  • Melihat jumlah visitor atau pembaca pada artikel anda
  • Melihat jumlah komentar


Untuk menciptakan artikel baru,langkah yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut :
  • Klik bilah postinganya
  • Klik " entry gres " pada bab kiri atas
  • Akan muncul pop up daerah dimana anda bisa menuliskan artikel anda.Untuk cara menulisnya,akan saya jelaskan di artikel yang lainya.
  • Silahkan mulai menulis apa yang ada dikepala anda


Untuk melaksanakan pengeditan pada artikel lama,silahkan lakukan langkah berikut :
  • Klik bilah postinganya
  • Akan terlihat semua goresan pena atau artikel yang pernah anda tulis disana
  • Arahkan mouse laptop anda pada artikel yang ingin anda edit
  • Akan terlihat goresan pena kecil sempurna dibawah artikel tersebut ( edit,lihat,bagikan )
  • Pilihlah " edit "
  • Anda akan dibawa ke halaman untuk melaksanakan pengeditan
  • Setelah simpulan klik " perbarui " pada bab kanan halaman tersebut
  • Selesai


Untuk melihat URL atau alamat tautan artikel anda,baik itu ketika anda ingin share artikel tersebut atau ingin mengirimkanya keteman,silahkan lakukan langkah berikut :
  • Arahkan mouse ke artikel yang ingin anda lihat URL atau tautanya
  • Lihat tulisaan kecil pada bawah artikel tersebut
  • Pilih " lihat " tetapi gunakan klik kanan
  • Pilih " copy link location "
  • Silahkan pastekan dimana saja daerah yang anda inginkan untuk membagikanya
  • Selesai


Bilah " membuatkan " berfungsi untuk membagikan artikel anda di google plus,sedangkan bilah " hapus " berfungsi untuk menghapus artikel anda.


2. Stastistik


Bilah ini berfungsi untuk melihat jumlah page view atau berapa kali artikel anda dilihat selama satu hari ini atau satu ahad atau satu bulan.Saat anda klik bilah " statistik " ini,akan terlihat jumlah penayangan dan sebuah GRAFIK.Jika anda sedikit kebingungan bagaimana membaca grafiknya,begini penjelasanya :

Pada bab atas ada beberapa pilihan : tahun,bulan,hari,minggu.

Saat anda klik salah satu pilihan diatas,secara otomatis grafiknya akan berubah sesuai dengan pilihan yang mana yang akan anda lihat.Jadi kalau anda lihat grafiknya runcing naik turun,tidak perlu galau,itu mungkin alasannya yang anda pilih grafik penayangan perbulan.Silahkan ganti saja dengan yang perhari,nanti akan terlihat grafik yang lebih rata.

Kemudian,pada menunya ini,akan ada beberapa sub sajian yang lain,seperti ini penjelasanya :

  • Ikhtisar



Penjelasanya menyerupai yang diatas.Disini anda juga bisa melihat artikel mana yang paling banyak dilihat dan dari sumber apa artikel anda dilihat.Yang paling manis memang pembaca dari google,yang kalau para senior bilang,itu yaitu " unik visitor ".

Jika anda hanya mendapatkan pembaca dari facebook,berarti artikel anda mungkin belum " page one " dan anda memang hanya melaksanakan share di FB saja.

  • Postingan



Untuk saya pribadi,bagian ini tidak terlalu penting.Karena hanya menampilkan jumlah pembaca pada artikel anda dari urutan yang paling banyak hingga yang terendah.

  • Sumber postingan



Disini sangat penting,karena anda bisa tahu dari situs mana saja blog anda dikunjungi dan kata kunci atau keyword apa yang dicari oleh pembaca ( dilihat pada bilah TELUSURI KATA KUNCI ).Pada bilah URL PERUJUK dan SITUS PERUJUK inilah anda bisa melihat apakah ada SITUS SPAM yang mengarah ke blog anda atau tidak.

Caranya,silahkan klik tautan yang ada pada situs perujuk atau url perujuk.Jika sesudah anda klik yang terbuka yaitu situs " cukup umur ".Segera lakukan DISAVOW LINK atau pemblokiran pada situs tersebut.Ini sangat penting untuk kesehatan blog anda.Jika terlalu banyak situs SPAM yang mengarah ke blog anda,bisa-bisa google menganggap situs anda yaitu SPAM juga.

  • Pemirsa



Bilah ini berfungsi untuk melihat dari negara mana saja blog anda dikunjungi dan dengan browser apa mereka membuka blog anda.Biasanya para bloger tidak suka blog mereka dikunjungi dari UC BROWSER alasannya iklan yang ada pada artikel akan dicekal dan tidak bisa tampil.Oleh alasannya itu mereka sering memakai " script redirect UC ke CHROME " yang mempunyai kegunaan untuk mengalihkan pembaca ke google chrome ketika mereka membuka dengan uc browser.


3. Komentar


Ada 3 bab didalam bilah ini yaitu :

  • Diterbitkan



Ini yaitu laman dimana komentar yang anda telah setujui untuk di publish akan muncul.Saran saya gunakan settingan dimana setiap komentar yang masuk harus melalui persetujuan anda untuk bisa terlihat di bawah artikel nantinya,kenapa? ini berfungsi untuk mencegah komentar spam dari link-link yang masuk.Untuk settinganya bagaimana akan saya jelaskan dibawah nanti.

  • Menunggu moderasi



Ini yaitu daerah dimana SEMUA komentar masuk akan ditampilkan.Tetapi sebelum anda memutuskan untuk di PUBLISH,komentar ini akan selamanya ada disana dan tidak akan terlihat pada halaman komentar anda.

  • Spam



Jika anda mendapati ada komentar yang terlihat menyerupai SPAM,saran saya segera hapus saja.Tetapi kalau komentar terlalu banyak dan anda tidak sempat menghapusnya satu-persatu,silahkan tandai saja sebagai SPAM.Nantinya secara otomatis,jika anda komentar dari orang tersebut,akan eksklusif dianggap spam oleh sistem dan tidak akan terpublish.

Komentar spam sangat tidak manis untuk blog anda.Jadi kalau ada yang melakukanya,langsung saja hapus atau tandai sebagai spam.


4. Halaman atau Laman Statis


Mungkin dalam bilah inilah banyak yang resah alasannya tampilanya hampir sama persis dengan laman postingan.Untuk anda ketahui bahwa bilah ini BERBEDA dengan bilah postingan.Agar anda lebih faham,anda harus mengerti perbedaanya.Saya akan sedikit menjelaskan perbedaanya dengan kemampuan saya dan tata bahasa saya yang sangat terbatas ini.

Postingan : Tulisan yang anda ketik akan muncul sebagai artikel untuk pembaca
Laman statis : Biasanya dipakai untuk menuliskan kata-kata pada sajian menyerupai : hubungi saya,privacy police,disclaimer,dll.

Untuk lebih jelasnya begini : kalau anda melihat artikel saya ini,ini saya buat pada bilah potingan.Kemudian silahkan anda lihat pada bab atas sebelah kiri,disana ada " MENU UTAMA " dan sibawahnya ada beberapa tulisan,silahkan klik dan itu saya buat pada " laman statis ".


5. Tata Letak


Ini berfungsi untuk mengatur TAMPILAN blog adna ketika dilihat pembaca.Mulai dari apakah ingin diberi gambar,bagian kiri diisi apa,bagian kanan diisi apa,bagian bawah artikel diisi apa,dll.Anda bisa melakukanya dengan klik pada bab " EDIT ".Kemudian anda akan diberikan beberapa pilihan,silahkan pilih apa yang ingin anda isikan disana.

Bahasaa terkenal untuk para senior yaitu WIDGET.Jadi kalau anda yang membicarakan ini,saya harapkan anda tidak resah lagi.Widget yaitu bab atau kotak yang terlihat pada sisi lain selain artikel ( biasanya pada sebelah kanan ) artikel.

Biasanya mereka mengisinya dengan : artikel populer,artikel terbaru,bisa diisi iklan,dan sebagainya.Terserah anda saja.


6. Tema


Saya sangat yakin kalau anda yaitu seorang yang gres memulai ini,pasti dan saya berani saya pastikan kalau anda akan bolak-balik mengutak-atik bab ini.Tidak apa-apa,itu sanngat masuk akal bahkan mereka-mereka yang sudah profesionalpun sering melaksanakan edit tema.

Dalam bahasa saya,tema yaitu pengaturan tampilan utama untuk blog.Jika tata letak untuk tampilan yang dilihat,TEMA biasanya untuk mengedit kode-kode HTML yang tidak bisa dilakukan di bagaian TATA LETAK.Biasanya mereka mengedit ini untuk meletakan instruksi iklan adsense,meletakan majemuk script termasuk script redirect UC ke CHROME  yang sudah saya jelaskan diatas.

SARAN PENTING!! : Sebelum melangkah lebih lanjut,saya haruskan bahkan saya wajibkan untuk anda menentukan dan memakai tema/template yang paling manis dan sesuai berdasarkan anda.Anda bisa tanyakan pada forum-forum blog,template apa yang paling bagus.Setelah merasa sangat yakin,barulah anda gunakan itu.

Bagaimana cara untuk mengganti tema atau template blog ? silahkan ikuti panduan berikut :
  • Pada bilah TEMA,silahkan lihat pojok kanan atas
  • Klik atau pilih " backup/pulihkan "
  • Jika anda ingin menyimpan template lama,silahkan klik " download "
  • Jika anda ingin menggantinya,silahkan klik " browse "
  • Pilih instruksi templat yang sudah anda miliki,biasanya berahiran .xml
  • Klik upload
  • Selesai



7. Setelan


Mungkin ada sekitar 7 submenu didalam bilah ini,saya akan jelaskan satu-persatu :

  • Dasar



Settingan dasar ini berfungsi untuk mengatur beberapa point menyerupai :
  • Judul blog anda
  • Deskripsi blog anda
  • Siapa yang bisa melihat dan menjadi pemilik blog
  • Siapa yang boleh melihat blog anda
  • Setting HTTPS


  • Postingan,komentar,dan berbagi


Bagian ini berfungsi untuk melaksanakan pengaturan menyerupai berikut :
  • Jumlah postingan yang akan tampil pada halaman utama ( ketika orang membuka alamat blog anda ) ingat,alamat blog bukan alamat artikel
  • Siapa yang boleh mengomantari
  • Apakah anda ingin melaksanakan moderasi atau tidak ( komentar harus disetujui oleg anda sebelum terpublish )


  • Email


Berfungsi untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada komentar yang terpublish.


  • Bahasa dan pemformatan


Disini berfungsi untuk mengatur bahasa yang akan tampil pada dasbord blog anda.Saya pribadi lebih suka memakai bahasa indonesia,karena saya kalau melihat bahasa inggris,migren saya kambuh,hehe.

Bagaimana memunculkan sajian penghasilan pada blog? Ini berkaitan dengan bahasa yang anda pilih.Jika anda pilih indonesia,menuu penghasilan atau pendapatan tidak akan terlihat,tetapi kalau anda menentukan bahasa " united kingdom " menuu penghasilan akan muncul dan terlihat disana.

  • Preferensi penelusuran


Disinilah daerah yang berfungsi untuk melaksanakan settingan untuk TAG META dan ROBOT TXT blog anda.Untuk pengaturan rincinya,akan saya jelaskan di artikel yang lainya.


Dengan mengetahui kegunaan dari menu-menu yang ada pada dasbord blogger ini saya harapkan anda sudah mengerti dan sudah tidak resah lagi bagaimana menggunakanya.Jika anda yang perlu anda tanyakan,silahkan tanyakan di kolom komentar.

Demikian pembahasan perihal arti sajian atau goresan pena pada sebelah kiri dashboard blogger.Semoga bisa membantu permasalahan anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

0 Response to "Arti Sajian Atau Goresan Pena Pada Sebelah Kiri Dashboard Blogger Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel