Cara Mengirim Cv Lewat Email Yang Baik Dan Benar
Cara mengirim CV ( Curriculum Vitae ) lewat email yang baik dan benar hampir sama dengan lamaran kerja meskipun keduanya berbeda tetapi langkah mengirimkanya hampir sama saja ( via GMAIL ) dalam proses melamar pekerjaan.Banyak point penting yang harus anda fahami semoga proposal anda dapat sukses memikat hati HRD dan anda dapat dipanggil untuk bekerja di perusahaan tersebut.
CV yang menarik sangat dibutuhkan kalau anda berniat melamar pekerjaan memakai bantual E-MAIL menyerupai gmail atau yahoo.Tetapi selain biodata diri yang bagus,ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu anda perhatikan juga.Berikut saya akan jelaskan kepada anda secara lengkap dan detail.
Setelah anda tahu perbedaanya,langkah selanjutnya ialah mempersiapkan berkasnya dan membuatnya dengan baik.Ada 2 opsi untuk anda untuk menciptakan sebuah daftar riwayat hidup ini,yaitu :
Anda dapat membuatnya dengan pertolongan komputer anda.Bisa diketik sendiri ataupun memakai situs untuk menciptakan daftar riwayat hidup online yang banyak di google.
Ini ialah dengan menulis manual di sebuah kertas.Langkah ini ialah yang paling saya rekomendasikan untuk anda.Mungkin hasilnya tidak sebagus dan serapih kalau memakai komputer,tetapi percayalah,HRD lebih menyukai yang memakai tulis tangan alasannya lebih terlihat kesungguhan dan niat bekerjanya.
Ini ialah pembahasan inti kita.Setelah anda mempunyai sebuah berkas Daftar Riwayat Hidup,sekarang ialah tahapan mengirimkanya untuk perusahaan tujuan anda.Tetapi sebelumnya,anda harus tahu kalau langkah ini juga ada perbedaanya.Bedanya apa?
Pasti anda pernah membaca persyaratan lowongan yang hanya meminta mengirimkan CVnya saja dan ada pula yang meminta berkas lengkap bukan? Inilah letak perbedaanya.Sekarang anda lihat persyaratan apa yang tertulis pada lowongan perusahaan tujuan anda.Untuk mempermudah anda,saya akan bahas keduanya :
Kenapa perusahaan hanya meminta berkas ini? kenapa tidak lengkap sekalian? ada beberapa penyebabnya,salah satunya ialah : dengan hanya satu file saja,proses seleksi dapat lebih singkat dan ketika membuka berkasnya tidak memakan waktu terlalu lama.
Toh nantinya,berkas lengkapnya akan diminta ketika anda dipersilahkan tiba ke perusahaanya.Untuk langkahnya ialah sebagai berikut :
Langkah ini anda lakukan jika memang tidak ada kode untuk hanya mengirimkan CVnya saja.Walaupun terlihat sepele,tetapi anda harus perhatikan dengan sungguh-sungguh kode yang ada di lowonganya.
Untuk mengirimkan bekas dengan lengkap,langkahnya ialah sebagai berikut :
--> Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Tempat,tanggal lahir :
Alamat :
Pendidikan :
No telp :
Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak.Ibu pimpin.Sebagai materi pertimbangan,saya lampirkan beberapa berkas pendukung bersamaan dengan email ini.
Besar impian saya untuk dapat diterima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.
Setelah itu,klik " kirim " dan selesai.
Mungkin untuk kepingan mengirimkanya,anda akan gampang mengerti.Tetapi ada hal sering menciptakan bingung,yaitu CC dan BCC yang ada pada kepingan " kepada " atau alamat penerima.Apa yang harus anda isikan disana? Jika anda tidak mengerti fungsinya,saran saya kosongkan saja.Ini tidak masalah,karena alamat peserta sudah anda tuliskan.Jadi CC dan BCC tidak perlu,silahkan dikosongkan saja.
Apa sih CC dan BCC itu? kalau anda penasaran,akan saya jelaskan.Bagian CC berfungsi untuk mengirimkan e-mail kepada group.Seperti layaknya group WA atau BBM,jika anda mengisikan kolom CC,semua alamat yang tertulis akan tahu kalau anda mengirimkan berkasnya ke orang lain.
Sementara BCC,bisa anda gunakan untuk mengirimkan lamaran secara random atau ke banyak perusahaan.Dengan fungsi ini,mereka tidak akan tahu kalau anda mengirimkanya ke banyak perusahaan.
MANA YANG HARUS DIPILIH?
Saran sayaa,silahkan kosongkan saja.Jadi,satu perusahaan,satu kali kirim saja.Tetapi kalau memang tujuanya banyak alias acak atau istilahnya random,silahkan gunakan fungsi BCC.Saya harap anda kini sudah faham.Untuk lebih membantu anda,saya juga sudah tuliskan beberapa artikel lainya.
- Perusahaan yang dapat kirim lamaran memakai E-MAIL
- Tes matematika yang sering menciptakan calon karyawan gagal ( matematika deret angka dan logika )
- Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar
Demikian pembahasan ihwal cara mengirim CV Via email yang baik dan benar baik lewat GMAIL di hp android ataupun di komputer.Semoga dapat membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
CV yang menarik sangat dibutuhkan kalau anda berniat melamar pekerjaan memakai bantual E-MAIL menyerupai gmail atau yahoo.Tetapi selain biodata diri yang bagus,ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu anda perhatikan juga.Berikut saya akan jelaskan kepada anda secara lengkap dan detail.
Cara Mengirim CV ( Daftar Riwayat Hidup ) Via email Gmail
Curriculum Vitae atau dalam bahasa indonesianya Daftar Riwayat Hidup ialah biodata diri anda yang dituliskan dengan tujuan memperlihatkan isu yang diharapkan untuk perusahaan sebagai salah satu pola untuk melaksanakan seleksi dan penyaringan calon karyawan mereka.
Dengan biodata inilah perusahaan akan melaksanakan penyaringan awal,mana saja orang-orang yang masuk kriteria dan berhak mengikuti seleksi hingga risikonya dapat resmi bekerja di perusahaan tersebut.Inilah kenapa sangat penting untuk mempersiapkanya dengan baik dan jangan hingga salah.
Tetapi sebelum ke pembahasan inti,ada beberapa isu yang wajib anda ketahui,antara lain :
Apa perbedaan CV dengan Lamaran Kerja?
Mungkin sebelum ke pembahasan,anda perlu tahu ihwal perbedaan keduanya.CV dan Lamaran memang berbeda,tetapi masih banyak yang resah dan salah dalam mengartikanya.Dan menyerupai yang saya katakan sebelumnya,perbedaanya menyerupai ini :
Curriculum Vitae : Rangkuman biodata diri anda
Lamaran Kerja : Proposal pengajuan diri kepada perusahaan
Yang menciptakan orang-orang salah mengartiken mungkin alasannya didalam kedua format ini,tertulis nama,alamat,pendidikan dan sebagainya.Tetapi kalau anda telaah lebih dalam,kedua hal ini tidaklah sama.Dengan klarifikasi ini,saya harapkan kini anda sudah tidak resah dan salah faham lagi.
untuk lebih detailnya,dibawah saya berikan 2 contoh perbandingan untuk anda,silahkan lihat gambarnya :
contoh curriculum vitae ( daftar riwayat hidup ) |
contoh lamaran pekerjaan |
Membuat CV yang menarik
Setelah anda tahu perbedaanya,langkah selanjutnya ialah mempersiapkan berkasnya dan membuatnya dengan baik.Ada 2 opsi untuk anda untuk menciptakan sebuah daftar riwayat hidup ini,yaitu :
Diketik komputer
Anda dapat membuatnya dengan pertolongan komputer anda.Bisa diketik sendiri ataupun memakai situs untuk menciptakan daftar riwayat hidup online yang banyak di google.
Menulis manual
Ini ialah dengan menulis manual di sebuah kertas.Langkah ini ialah yang paling saya rekomendasikan untuk anda.Mungkin hasilnya tidak sebagus dan serapih kalau memakai komputer,tetapi percayalah,HRD lebih menyukai yang memakai tulis tangan alasannya lebih terlihat kesungguhan dan niat bekerjanya.
Langkah mengirimkan CVnya
Ini ialah pembahasan inti kita.Setelah anda mempunyai sebuah berkas Daftar Riwayat Hidup,sekarang ialah tahapan mengirimkanya untuk perusahaan tujuan anda.Tetapi sebelumnya,anda harus tahu kalau langkah ini juga ada perbedaanya.Bedanya apa?
Pasti anda pernah membaca persyaratan lowongan yang hanya meminta mengirimkan CVnya saja dan ada pula yang meminta berkas lengkap bukan? Inilah letak perbedaanya.Sekarang anda lihat persyaratan apa yang tertulis pada lowongan perusahaan tujuan anda.Untuk mempermudah anda,saya akan bahas keduanya :
1. Mengirimkan CVnya saja
Kenapa perusahaan hanya meminta berkas ini? kenapa tidak lengkap sekalian? ada beberapa penyebabnya,salah satunya ialah : dengan hanya satu file saja,proses seleksi dapat lebih singkat dan ketika membuka berkasnya tidak memakan waktu terlalu lama.
Toh nantinya,berkas lengkapnya akan diminta ketika anda dipersilahkan tiba ke perusahaanya.Untuk langkahnya ialah sebagai berikut :
- Silahkan SCAN berkas Daftar Riwayat Hidup tersebut dengan ukuran sekecil mungkin TETAPI dengan kualitas gambar yang masih baik.Katakan saja kepada tukang scanya menyerupai itu.
- Masuk akun GMAIL anda
- Klik " tulis pesan " atau tanda pensil yang ada di kepingan atas
- Pada kepingan " kepada " anda isikan dengan alamat e-mail perusahaan
- Subjek anda isikan dengan " Lamaran Pekerjaan " atau dapat juga mengikuti kode yang tertera pada lowonganya ( ada yang menyuruh tulis dengan kode,jabatan,area tinggal,dll ) tapi kalau tidak ada instruksi,isikan saja menyerupai yang saya katakan
- Badan e-mailnya anda sebaiknya isi dengan goresan pena dan jangan dikosongkan,tulsikan menyerupai berikut : -> Dengan ini saya kirimkan Dafatr Riwayat Hidup saya dengan tujuan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kode di lowongan pekerjaan yang saya baca di kantor pos setempat.Besar impian saya untuk dapat diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.
- Silahkan klik : gambar klip atau lampirkan berkas
- Upload berkas yang sudah anda scan sebelumnya
- Klik " kieim "
- Selesai
2. Mengirimkan berkas secara lengkap
Langkah ini anda lakukan jika memang tidak ada kode untuk hanya mengirimkan CVnya saja.Walaupun terlihat sepele,tetapi anda harus perhatikan dengan sungguh-sungguh kode yang ada di lowonganya.
Untuk mengirimkan bekas dengan lengkap,langkahnya ialah sebagai berikut :
- Silahkan scar CVnya bersamaan dengan berkas yang lainya ( buatlah ukuran sekecil mungkin dengan kualitas gambar masih cantik )
- Masuk akun GMAIL anda
- Klik " tulis pesan "
- Bagian kepada,anda isi dengan alamat perusahaan
- Subjek anda isikan dengan " lamaran pekerjaan " tapi dapat juga diisi sesuai kode kalau ada
- Badan email jangan dikosongkan.isikan menyerupai berikut :
--> Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Tempat,tanggal lahir :
Alamat :
Pendidikan :
No telp :
Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak.Ibu pimpin.Sebagai materi pertimbangan,saya lampirkan beberapa berkas pendukung bersamaan dengan email ini.
Besar impian saya untuk dapat diterima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.
Setelah itu,klik " kirim " dan selesai.
Fungsi CC dan BCC pada e-mail
Mungkin untuk kepingan mengirimkanya,anda akan gampang mengerti.Tetapi ada hal sering menciptakan bingung,yaitu CC dan BCC yang ada pada kepingan " kepada " atau alamat penerima.Apa yang harus anda isikan disana? Jika anda tidak mengerti fungsinya,saran saya kosongkan saja.Ini tidak masalah,karena alamat peserta sudah anda tuliskan.Jadi CC dan BCC tidak perlu,silahkan dikosongkan saja.
Apa sih CC dan BCC itu? kalau anda penasaran,akan saya jelaskan.Bagian CC berfungsi untuk mengirimkan e-mail kepada group.Seperti layaknya group WA atau BBM,jika anda mengisikan kolom CC,semua alamat yang tertulis akan tahu kalau anda mengirimkan berkasnya ke orang lain.
Sementara BCC,bisa anda gunakan untuk mengirimkan lamaran secara random atau ke banyak perusahaan.Dengan fungsi ini,mereka tidak akan tahu kalau anda mengirimkanya ke banyak perusahaan.
MANA YANG HARUS DIPILIH?
Saran sayaa,silahkan kosongkan saja.Jadi,satu perusahaan,satu kali kirim saja.Tetapi kalau memang tujuanya banyak alias acak atau istilahnya random,silahkan gunakan fungsi BCC.Saya harap anda kini sudah faham.Untuk lebih membantu anda,saya juga sudah tuliskan beberapa artikel lainya.
- Perusahaan yang dapat kirim lamaran memakai E-MAIL
- Tes matematika yang sering menciptakan calon karyawan gagal ( matematika deret angka dan logika )
- Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar
Demikian pembahasan ihwal cara mengirim CV Via email yang baik dan benar baik lewat GMAIL di hp android ataupun di komputer.Semoga dapat membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
0 Response to "Cara Mengirim Cv Lewat Email Yang Baik Dan Benar"
Post a Comment