-->

22 Khasiat Daun Sirsak (Dan Air Rebusannya): Untuk Mengatasi Diabates, Kanker, Asam Urat, Rematik, Dll

Tanaman sirsak yaitu salah satu tumbuhan herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagaiobat. Mulai dari buahnya, batangnya, daunnya, hingga akarnya.

Semua kepingan tersebut mempunyai khasiatnya masing-masing yang sangat luar biasa. Khusus daun sirsak mungkin rasanya tidak semenggiurkan daging buah sirsak.

Akan tetapi daun sirsak mempunyai manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan buahnya sendiri. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 1965, menemukan bahwa daun sirsak mempunyai kegunaan untuk mengatasi kanker.

 Tanaman sirsak yaitu salah satu tumbuhan herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan s 22 Khasiat Daun Sirsak (dan Air Rebusannya): Untuk Mengatasi Diabates, Kanker, Asam Urat, Rematik, dll

Di dalam daun sirsak mempunyai senyawa proaktif menyerupai acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, dll.

Kandungan-kandungan tersebut cukup mempunyai kegunaan 100 kali lipat (bahlan lebih) untuk mengatasi kanker dibandingkan kemoterapi.

Sebuah penelitian dilakukan oleh pihak National Cancer Institute pada tahun 1976, menemukan bahwa daun dan batang sirsak bisa membunuh sel kanker. Penelitian ini diperkuat dengan adanya bukti uji klinis yang dilakukan para ilmuwan di Korea Selatan.

Pengolahan daun sirsak terdapat dalam bentuk kapsul dan seduhan teh. Banyak perusahaan yang menciptakan obat-obat herbal dari pembudidayaan tumbuhan sirsak ini.

Manfaat daun sirsak (dan rebusan daun sirsak) bagi kesehatan tubuh:

#1. Mencegah dan mengobati kanker
Tentang khasiat daun sirsak untuk mengobati kanker masih dalam perdebatan panjang, dimana pada ummnya kanker merupakan penyakit yang hingga ketika ini masih sangat sulit disembuhkan.

Dimana banyak penderita kanker dan keluarganya banyak yang mencoba metode pengobatan dengan herbal dan tumbuhan, yang salah satunya yaitu daun sirsak. Dari penelitian medis, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirsak...

...dimana sudah cukup umum diketahui bekerjsama kandungan antidioksidan sanggup mendapatkan amanah untuk melawan persoalan penyakit kanker. Dan, penelitian lebih lanjut hening daun sirsak, masih terus-menerus dikembangkan oleh para ahli.

Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang bisa membunuh sel-sel kanker, dimana zat proaktif bisa menentukan untuk membunuh sel-sel yang berbahaya, dan membiarkan (tidak membunuh) sel-sel yang sehat.

Sehingga khasiat daun sirsak ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan metode kemoterapi dalam pengobatan kanker.


Untuk memperoleh manfaat ini, hanya perlu minum rebusan air daun sirsak secara rutin (setiap pagi dan sore) selama beberapa minggu. Setidaknya dalam 3 minggu, Anda akan mulai mencicipi imbas atau manfaatnya. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter wacana aneka macam tindakan kesehatan yang dilakukan.

Untuk memperoleh khasiat air rebusan daun sirsak, cara membuatnya dengan merebus 10 lembar daun sirsak bersama 3 gelas air, kemudian biarkan air mendidih hingga menjadi berukuran 1 gelas. Setelah itu saring dan masukan ke gelas. Tunggu hingga hirau taacuh dan minum.

Melalui serangkaian proses ekstraksi, kandungan kimiawi bioaktif di dalam lembaran daun sirsak terbukti efektif mematikan sel kanker.

Pada ilmuwan melaksanakan eksplorasi acara bioaktif pada daun sirsak untuk anti kanker nasopharynx dan serviks. Hasil uji laboratorium memperlihatkan bahwa kandungan bioaktif daun sirsak bisa mematikan sel kanker.

Hasil penelitian tersebut masih memerlukan uji klinis, guna memastikan efektivitasnya.

Menurut peneliti, bentuk daun sirsak yang mempunyai kandungan bioaktif paling baik yaitu daun yang tidak terlalu renta dan tidak terlalu muda.

Jika daun terlalu renta materi bioaktifnya sudah tidak berfungsi. Sedangkan daun yang terlalu muda, materi bioaktifnya kurang maksimal.

loading...

#2. Mengatasi rematik
Daun sirsak sebagai anti-radang, yang bisa mengatasi persoalan rematik. Penggunaannya dengan menghaluskan daun sirsak, sehabis itu oleskan pada kepingan yang sakit, dan (insya Allah) akan memperlihatkan manfaat untuk menurunkan tanda-tanda penyakit.

Lakukan hal tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari. Adapun biasanya penyakit rematik dialami orang-orang yang telah lanjut usia. Penderita rematik mencicipi sakit pada kepingan tulang, yang sanggup menciptakan mereka tidak bisa melaksanakan kegiatan sehari-hari menyerupai biasanya.

Dalam pembuatan ramuannya, penting untuk menghaluskan daun sirsak hingga benar-benar halus, yang sebelumnya juga perlu dibersihkan. Penggunannya, bisa dengan mengoleskan ke area tubuh yang terasa nyeri, baik itu lantaran persoalan rematik, eksim ataupun arthritis.

#3. Mengatasi penyakit keputihan
Keputihan pada perempuan sebenarnya yaitu kondisi wajar. Dimana keputihan menjadi tidak masuk akal jikalau terjadi gatal, cairan berbau menyengat, serta cairan atau lendir berwarna keruh kehijauan. Ciri keputihan yang masuk akal yaitu tidak gatal, tidak berbau dan tidak berwarna.

Penyebab keputihan salah satunya lantaran infeksi bakteri. Sebagai orang yang tinggal di kawasan tropis, pertumbuhan basil rentan menjadikan penyakit keputihan. (sebenarnya tidak semua basil menimbulkan penyakit, ada juga basil baik yang mendukung fungsi sistem pencernaan)

Adapun basil penyebab keputihan yaitu basil jahat, pemiunya lantaran lingkungan kotor, ataupun teladan hidup yang kurang menjaga kebersihan. Daun sirsak bisa meringankan dan mengobati penyakit keputihan.

Selain meminum ramuan obat keputihan ari daun sirsak ini, juga penting merubah teladan hidup yang lebih sehat, konsumsilah kuliner yang sehat, hindari junk food dan kuliner instan (cepat saji), jagalah kebersihan tubuh, dan hindari stress.

Khasiat daun sirsak ini bisa lebih maksimal dengan embel-embel kunyit dan madu, yang juga punya khasiat anti bakteri.


#4. Mencegah perkembangan tumor
Dalam dunia medis, tumor disebabkan sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan dan regenerasi yang tidak wajar. Dimana sel tubuh pada insan akan beregenerasi jikalau sel tubuh yang usang sudah waktunya untuk diganti.

Adapun kondisi tumor, sel tubuh tumbuh sebelum sel yang lain mati (pertumbuhan sel yang belum seharusnya), yang karenanya menimbulkan benjolan. Langkah yang biasanya diambil oleh dokter untuk mengatasi tumor yaitu dengan operasi.

Metode lainnya (jika kondisi tumor belum parah) yaitu memakai obat herbal menyerupai daun sirsak. Cara menciptakan ramuannya, pertama-tama ambil dan siapkan 10-15 lembar daun sirsak...

...lalu rebus daun sirsak dengan 3 gelas air putih (jumlahnya sekitar 600 cc). Lalu tunggu hingga mendidih. Lalu angkat dan saring air rebusan dari ampasnya. Minumlah ramuan ini selagi hangat (bukan panas).

Dalam metode pengobatan tradisional, reaksi yang ditimbulkan lebih usang dibandingkan dengan pengobatan medis, sehingga perlu bersabar.

#5. Menghambat pertumbuhan benalu dalam tubuh
Manusia, terutama belum dewasa sangat rentan terserang cacing parasit, lantaran belum dewasa sering bermain di tempat-tempat kotor, apalagi tidak memakai bantalan kaki ketika bermain.

Minum air rebusan daun sirsak mempunyai fungsi untuk mematikan cacing benalu di dalam tubuh (jangan hiperbola atau terlalu sering konsumsi air rebusan daun sirsak).

#6. Obati asam urat
Hasil penelitian mengambarkan bahwa minum air rebusan daun sirsak membantu mengatasi penyakit asam urat. Penyebab asam urat lantaran adanya zat purin yang berlebihan, organ ginjal tidak lagi bisa mengeluarkannya dari tubuh, sehingga menumpuk di persendian.

Zat purin di dalam tubuh harus dalam batas normal, jikalau jumlahnya hiperbola menimbulkan timbulnya asam urat. Penyakit asam urat menjadikan rasa nyeri di persendian, yang menciptakan tidak nyaman dan menganggu kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

Untuk pembuatan ramuannya:
  1. Siapkan 10-15 lembar daun sirsak
  2. Bersihkan daun-daun sirsak tersebut dengan air bersih, pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  3. Masukkan daun yang sudah dicuci tersebut ke dalam wadah untuk merebus. 
  4. Lalu tuangkan air minum hingga daun sirsak itu terendam semuanya.
  5. (Ingat!! Masukkan daun sirsak ke dalam wadah semenjak awal, bukan ketika air sudah mendidih)
  6. Rebus terus daun sirsak hingga mendidih dan sisa air kira-kira 2 gelas saja.
  7. Lalu minum airnya selagi hangat.
  8. Konsumsi air rebusan daun sirsak sebanyak dua kali dalam sehari (pagi dan sore).

Zat purin bisa terdapat di dalam makanan. Unutk itu, teladan makan jangan asal-asalan. Hindari kuliner pantangan penderita asam urat seperti:
  1. Seafood (cumi-cumi, kepiting, sotong, ikan sarden, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang)
  2. Kacang-kacangan (kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai)
  3. Jeroan (limpa, hati, otak, usus, paru dan ginjal)
  4. Makanan kaleng (kornet, sarden)
  5. Makanan gorengan
  6. Jamur kuping, daun pepaya, buncis, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.
  7. Makanan gorengan
  8. Daging kuda, daging sapi dan daging kambing.

#7. Menghambat kanker usus besar
Peneliti UI temukan khasiat daun sirsak untuk kanker usus besar, sebuah penelitian yang dilakukan oleh doktor ilmu gizi, Lili Indrawati dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa daun sirsak terbukti berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker, pada kasus kanker kolorektal (usus besar).

Peneliti melaksanakan pengujian terhadap 30 responden yang merupakan pasien kanker usus besar dalam dua kelompok. Sebanyak 15 responden pada kelompok pertama diberikan ekstrak daun sirsak sebanyak tujuh gelas sehari. Sementara kelompok kedua hanya diberi plasebo.

"Sel kanker pada responden yang diberikan esktrak daun sirsak terbukti terhambat sebanyak 17 persen," ujar Lili dalam hasil disertasinya.

Dosis ini, lanjut dia, hanya berlaku untuk kasus kanker stadium dini. Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan daun sirsak sifatnya hanya sebagai pengobatan embel-embel atau pendampingan. Pengobatan medis tetaplah diharapkan untuk mengobati kasus kanker.

#8. Mencegah rambut rontok dan mengatasi kutu rambut
Daun sirsak bisa dimafaatkan untuk menghambat perkembangan kutu di rambut, yang menciptakan kutu sulit untuk bertahan hidup. Selain itu, kandungan vitamin di dalamnya bisa untuk menghilangkan ketombe, sehingga rambut menjadi bersih, sehat, bebas kutu dan bebas ketombe.

Untuk penggunaanya, yaitu dengan merebus daun sirsak secukupnya, sehabis itu dinginkan, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh seluruh kepingan rambut.

#9. Penyembuhan luka diabetes
Sejumlah mahasiswa UGM melaksanakan penelitian untuk mengetahui potensi khasiat daun sirsak dalam menyembuhkan luka penderita diabetes.

Penelitian ini dilandasi dari keprihatinan mereka terhadap penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum pada kaki.

Sementara dari beberapa studi yang sudah dilakukan sebelumnya, ditemukan bahwa daun sirsak bisa menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes hingga 75%, tanpa memberi imbas toksik bagi tikus yang sehat.

Manfaat daun sirsak juga bisa mempercepat pernyembuhan luka, hal itu lantaran di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi.

Dari penelitian ini, peneliti mengharapkan khasiat daun sirsak ini bisa menjadi alternatif terapi terhadap penyembuhan luka pada penderita diabetes.

Dari sumber lainnya disebutkan bahwa daun sirsak mengandung Lipid yang berfungsi untuk menetralkan kadar gula di dalam tubuh. Jika Anda ingin mengolah daun sirsak, caranya cukup mudah.
  1. Pertama-tama cuci hingga higienis 5 helai daun sirsak.
  2. Lalu rebus air sekitar 3 gelas.
  3. Lalu masukkan 5 helai daun sirsak tersebut.
  4. Tunggu hingga air rebusan tadi menyusut menjadi 1 gelas.
  5. Lalu saring dan konsumsi ketika hangat, lakukan secara rutin setiap hari, pagi dan sore

Manfaat lainnya (perlu bukti penelitian ilmiah):

#10. Menguatkan saraf

#11. Mempercepat penyembuhan penyakit malaria

#12. Mengobati radang atau pembengkakan, caranya dengan mengoleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk pada kepingan tubuh yang radang atau bengkak

#13. Memperkuat antibodi, kandungan antioksidan pada daun sirsak bisa meningkatkan daya imun tubuh dan menghindari infeksi.

#14. Menurunkan demam tinggi, baik pada belum dewasa ataupun orang dewasa.

#15. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

#16. Membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah

#17. Meredakan pusing

#18. Melebarkan pembuluh darah pada tubuh supaya darah mengalir dengan lancar, sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.

#19. Memperlancar pencernaan

#20. Mengobati bisul

#21. Mengatasi jerawat, komedo, dan flek hitam pada wajah. Ramuannya bersihkan daun sirsak sebanyak 7 lembar hingga higienis (dengan air mengalir), tumbuk daun sirsak hingga halus, kemudian masukkan daun sirsak yang sudah halus ke rendaman air mawar, sehabis itu gunakan sebagai masker (untuk satu kali pakai).

#22. Menghilangkan keriput dan kerutan, serta mengencangkan kulit wajah secara alami.

Tips dalam memanfaatkan daun sirsak:
Jika ingin memakai daun sirsak untuk aneka macam keperluan kesehatan, hendaknya mengikuti beberapa tips yang disebutkan di bawah ini:
  1. Pastikan untuk membersihkan daun. 
  2. Bersihkan daun dengan air mengalir lantaran terdapat kuman, dan basil di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
  3. Jangan konsumsi berlebihan, yang menimbulkan beberapa hal buruk.
  4. Konsultasikan ke jago herbal terkait. Untuk memperoleh informasi yang benar wacana manfaat daun tumbuhan sirsak.

Efek samping jikalau konsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan:
  1. Akan terlalu banyak mengeluarkan keringat
  2. Terkena diare
  3. Susah BAB
  4. Lambung terasa perih (bagaikan terlalu banyak makan kuliner pedas)
  5. Punggung terasa panas
  6. Nyeri sendi
  7. Dehidrasi.
  8. Gangguan organ ginjal dan hati
  9. Suhu tubuh meningkat
  10. Menggigil

0 Response to "22 Khasiat Daun Sirsak (Dan Air Rebusannya): Untuk Mengatasi Diabates, Kanker, Asam Urat, Rematik, Dll"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel