-->

Cara Resign Mendadak Dengan Alasan Yang Masuk Logika Dan Sempurna Untuk Atasan

Jika anda ingin resign mendadak atau mengundurkan diri dari pekerjaan entah itu di PT atau perusahaan atau pabrik tentunya anda harus mengetahui cara dan langkah serta alasan yang masuk nalar ketika anda ngomong atau bicara dengan atasan ketika mengajukan anjuran pengunduran diri dadakan anda.Ini sangat penting,karena jikalau anda salah dalam mengutarakanya,bukan mustahil permohonan keluar dari pekerjaan anda akan ditolak oleh HRD.

Supaya proses resign anda berjalan lancar dan kondusif tanpa kendala,hal utama yang harus anda perhatikan ialah alasan yang sempurna dan tata cara atau mekanisme yang benar.Dengan begitu,anda sanggup keluar dari pekerjaan anda kini tanpa beban dan tanpa harus menyalahi aturan yang berlaku dalam undang-undang tenaga kerja.


Cara Mengundurkan Diri Secara Mendadak Dengan Alasan Yang Tepat dan Masuk Akal




Jika anda ingin resign mendadak atau mengundurkan diri dari pekerjaan entah itu di PT atau Cara Resign Mendadak Dengan Alasan Yang Masuk Akal dan Tepat Untuk Atasan
cara resign mendadak



Resign ialah istilah yang diberikan untuk pengganti kata mengundurkan diri dari perusahaan baik sesuai mekanisme yang berlaku ataupun tidak ( kabur ).Hal ini sangat masuk akal dan sah-sah saja dilakukan selama anda mengikuti alur yang benar,bahkan untuk sebagian kasus,keluar kerja secara ilegal atau kabur begitu saja terkadang tidak menjadi masalah,tetapi sangat tidak saya anjurkan.


Tatacara resign dari daerah kerja baik sesuai mekanisme ataupun kabur


Secara garis besar,ada 2 langkah yang biasanya ditempuh oleh seseorang ketika ingin keluar dari pekerjaanya,yaitu :
  • Mengikuti tatacara yang benar
  • Kabur begitu saja


Jika anda menentukan yang ilegal alias pergi tanpa pemberitahuan begitu saja,ini ialah langkah yang salah dan sangat tidak saya anjurkan,kenapa? alasannya itu melanggar aturan dan sudah tertulis secara resmi dalam surat perjanjian kontrak kerja anda.

Memang banyak oarang yang menyampaikan jikalau pergi dari daerah kerja begitu saja ( keluar kerja ) tidaklah masalah,itu alasannya perusahaan mungkin tidak mau memperpanjang dan memusingkan hal tersebut.Tetapi jikalau anda mendapati perusahaan yang taat hukum,anda sanggup terkena duduk kasus besar dan berurusan dengan aturan nantinya.jadi langkah ini tidak saya anjurkan.

Lalu jikalau mengikuti mekanisme yang benar,bagaimana langkahnya? berikut langkah yang harus anda lakukan :


1. Persiapkan alasan yang sekiranya paling tepat 


Hal pertama yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu ialah alasanya.Ini sangat penting alasannya hal pertama yang akan pimpinan anda tanyakan pastilah kenapa ansa hingga ingin berhenti bekerja.Untuk detailnya sudah saya tuliskan pada serpihan bawah artikel ini.


2. Rancang waktu yang pas


Dalam sebuah dunia kerja,anda tidak sanggup main selonong keluar masuk begitu saja.Pasti banyak hal yang anda harus selesaikan dahulu,baik itu urusan dengan pimpinan anda atau dengan rekan kerja anda.

Inilah maksud saya menyampaikan untuk mengatur waktu setepat mungkin.Lebih rincinya begini,walaupun ino dadakan,tetapi anda harus mengurus beberapa hal penting lain terlebih dahulu,seperti menuntaskan pekerjaan anda,pamitan,minta maaf,dan lain sebagainya.

Rancanglah waktu menyerupai ini :
  • Tanggal sekain saya pamitan ke rekan kerja
  • Tanggal sekian semua pekerjaan saya harus selesai
  • Tanggal sekian saya ngomong ke pimpinan
  • Tanggal sekian saya rampungkan berkas-berkas

Dan lain sebagainya.Jadi anda punya perencanaan yang matang walupun keluarnya anda dari pekerjaan harus sesegera mungkin.


3. Selesaikan urusan anda dengan semua orang di perusahaan anda


Ini ialah langkah berikutnya.Silahkan anda selesaikan urusan anda yang masih menjadi tanggunggan kepada semua orang di kantor anda menyerupai :
  • Membayar hutang yang masih tertinggal disana
  • Mengembalikan barang rekan kerja yang anda pinjam
  • Meminta maaf kepada rekan yang mungkin pernah berselisih dengan anda

Setelah semua urusan dengan rekan telah terselesaikan,langkah selanjutnya adalah.


4. Selesaikan urusan anda dengan perusahaan 


Anda harus selesaikan apa yang sudah menjadi kewajiban anda,contohnya menyerupai :
  • Menyelesaikan rancangan atau kiprah yang sudah diberikan kepada anda
  • Menyelesaikan banyak sekali proposal 
  • Menandatangani berkas yang mungkinmemang itu wewenang anda
  • Selesaikan semua pekerjaan yang belum selesai


Ini sangat baik dilakukan,khususnya untuk meninggalkan kesan anda orang yang bertanggung jawab dan sanggup menghindarkan anda dari terblacklistnya anda di semua perusahaan.


5. Ngomong ke atasan atau bicara ke pihak HRD


Setelah urusan dengan rekan dan perusahaan anda selesaikan,langkah berikutnya ialah anda mencari waktu untuk berbicara dengan atasan anda perihal maksud dan tujuan anda untuk mengundurkan diri dari kerjaan.

Bagaimana cara ngomong ke atasan atau kata-kata yang sempurna untuk mengutarakan keinginan resigned?

Sebenarnya hal terpenting ialah anda to the point dengan menunjukkan alasanya.Seperti orang meminta ijin kepada orang bau tanah ingin pergi main saja.
  • Sopan
  • Tegas
  • To the point
  • Jelas


Saya ilustrasikan sedikit menurut pengalaman pribadi :

Saya : ( temui atasan yang berwenang ) pak/bu,saya minta waktu untuk bicara sebentar,ada hal penting yang ingin saya sampaikan
Atasan : Ya,nanti siang jam 1 silahkan ke ruangan saya
Saya : ( sesudah hingga di ruangan ) sebelumnya saya minta maaf pak,tanpa mengurangi rasa hormat saya,saya ingin resign dari perusahaan ini
Atasan : Kenapa? apa alasanya? ( ini hampir niscaya pertanyaan yang akan keluar )
Saya : saya ingin menikah pak dan saya ingin melanjutkan masa depan saya di kampung halaman ( berjualan atau yang lain )
Atasan : kau sudah yakin?
Saya : sudah pak,saya sudah fikirkan masak-masak
Atasan : ok kalau begitu,silahkan buat surat pengunduran diri dan berikan ke saya,secepatnya
Saya : baik pak,terimakasih banyak ( keluar ruangan )


Jika anda perhatikan,sebenarnya yang menjadi point utama ialah ALASANYA saja.Jika memang dirasa tepat,atasan tidak akan mempersulit anda,tetapi jikalau terkesan ngarang dan tidak masuk akal,langkah anda sudah niscaya akan dipersulit,atau bahkan anda akan dimaki-maki oleh atasan anda.


6. Membuat surat permohonan pengunduran diri


Jika pada langkah awal anda sudah mendapat persetujuan atasan anda,langkah selanjutnya ialah dengan menciptakan surat yang menyatakan bahwa anda ingin mengundurkan diri.Buatlah dengan benar dan jangan asal-asalan.Sekilas mungkin agak terlihat menyerupai surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar,tetapi jikalau diamati,tentu saja berbeda jauh.

Contoh surat pengunduran dirinya kurang lebih menyerupai ini :


Kepada Yth,
Kepala HRD PT. Alam Segar
Kawasan industri jababeka 12
Cikarang,Bekasi
Jawa barat 

    
Dengan hormat,

Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama: :
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari alam segar terhitung semenjak 1 januari 2018 alasannya ingin melaksanakan prosesi pernikahan.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak alam segar yang telah menunjukkan kesempatan saya bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada rekan-rekan kerja. Saya berharap perusahaan sanggup memahami kondisi saya.

Saya mempunyai cita-cita bahwa PT. alam segar menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.

Hormat saya,

Tehmanis



Sebenarnya tidak harus sama menyerupai itu,silahkan dicermati inti dan isinya saja,dan buatlah lebih anggun lagi.Setelah jadi,silahkan serahkan kepada HRD atau pihak yang ditunjuk oleh pimpinan anda dengan mengikuti tanggal yang sudah ditentukan.



7. Menunggu persetujuan ( ACC ) dari pihak HRD


Langkah terahir sesudah anda menyerahkan suratnya,anda hanya tinggal menunggu persetujuan dari pihak HRD.Biasanya anda akan dipanggil ke kantor HRD dan mengurus semuanya.Setelah semua dirasa lengkap,anda sanggup meninggalkan daerah kerja dan berpamitan kepada semua rekan kerja anda dengan tenang.


8. Tetap bekerja dengan profesional


Prosesnya tidaklah sanggup pribadi instan,melainkan pastinya anda dimintai waktu untuk perusahaan menuntaskan semuanya.Sambil menunggu disetujuinya anjuran pengunduran diri anda,anda harus tetap bekerja dengan penuh tanggung jawab dan profesional.

Tidak boleh mentang-mentang ingin keluar,anda jadi seenaknya saja.Ini sangat jelek untuk kelangsungan karir anda kedepanya.


9. Kembalikan semua akomodasi yang anda dapatkan


Setelah anda mendapat persetujuan dan menandatangani sejumlah berkas,keesokan harinya atau mungkin hari itu juga,anda harus mengembalikan semua akomodasi yang perusahaan berikan kepada anda.Anda dilarang menyimpanya,karena hal ini sudah tertulis pada perjanjian kontrak kerja yang anda tanda tangani di awal.

kalau anda nekat tidak mengembalikanya,ditakutkan anda akan dikenakan pasal pencurian properti pabrik,ini akan sangat memalukan.Adapun beberapa fasilitas,diantaranya :
  • Topi
  • Seragam
  • Sepatu
  • Kartu identitas karyawan
  • Kunci loker

Apapun itu,semua harus anda kembalikan.


10. Ambil paklaring anda


Ini mungkin khusus untuk anda yang merasa hal ini penting.Jika anda rasa tidak,ya tidak perlu anda ambil.Sebenarnya saya tidak tahu niscaya jikalau anda mengundurkan diri apakah akan mendapat paklaring kerja atau tidak,tetapi setahu saya jikalau memang sesuai mekanisme yang berlaku,kemungkinan besar anda akan mendapatkanya ( tetapi keterangan habis kontraknya berbeda ) yaitu RESIGN.

Tetapi walaupun menyerupai itu,ini tetap mempunyai kegunaan dan masih berlaku untuk mencairkan uang BPJS ketenagakerjaan yang menjadi hak anda.Jika nanti ada kendala ketika akan mencairkan dana bpjs tenagakerja,anda sanggup baca di artikel saya tersebut.

Tapi perlu anda ingat,paklaring dengan jenis ini JANGAN anda gunakan untuk melamar kerja,karena penilainya akan jelek dimata calon atasan anda.Jadi sesudah anda gunakan untuk mengurus BPJSnya,anda simpan saja,hehe.


Alasan sempurna resign yang masuk akal


Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya,bahwa point utamanya ada pada alasanya.Ada beberapa alasan yang benar yang biasanya diutarakan mereka-mereka yang ingin berhenti kerja,antara lain :


  • Ingin menikah
  • Melanjutkan sekolah atau pendidikan
  • Ingin berwirausaha ( menciptakan toko,berjualan,ternak )
  • Melanjutkan perjuangan orang bau tanah alasannya dia sudah tidak sanggup

Selain daripada itu,ada beberapa alasann yang salah dan tidak saya anjurkan untuk mengatakanya,antara lain :
  • Mendapatkan PT yang lebih bagus
  • Kerja ditempat lain
  • Mencari pengalaman
  • Tidak betah


Diatas ialah hal yang dilarang anda katakan.Karena jikalau anda menyampaikan hal tersebut,anda akan di cap sebagai orang yang  tidak profesional.Ini sangat jelek untuk kedepanya.


Keuntungan mengundurkan diri dengan langkah yang sesuai prosedur


Ada banyak sekali keun tungan yang sanggup anda dapatkan jikalau menentukan memakai jalur resmi ini,antara lain :
  • Anda terlihat profesional 
  • Mencegah mendapat blacklist di semua perusahaan
  • Mencegah anda dari tersangkut masalah hukum
  • Anda sanggup mendapat paklaring kerja ( ini berfungsi untuk mengambil BPJS ketenagakerjaan nantinya


Dan mungkin masih banyak lagi hal positif yang akan anda dapatkan.Ini sangat baik untuk kedepanya.


Kerugian mengundurkan diri dengan cara ilegal atau kabur


Ada beberapa alasan kenapa saya sangat TIDAK MENGANJURKAN memakai jalur yang satu ini,antara lain :
  • Anda sanggup di blacklist di semua perusahaan ( HRD ) itu linknya banyak
  • Anda sanggup tersangkut masalah hukum 
  • Anda tidak akan mendapat paklaring kerja


Biasanya hal yang paling merugikan ialah tidak mendapatkanya surat pengalaman kerja atau paklaring kerja,dimana ini tidak mengecewakan untuk diambil uangnya.Tanpa paklaring resmi,anda tidak akan sanggup mencairkan uang BPJS ketenagakerjaan anda.


Penyebab orang mengundurkan diri dari pekerjaanya


Ada beberapa hal yang mungkin sanggup memicu timbulnya keinginan untuk berhenti bekerja,antara lain :
  • Tidak betah
  • Mendapatkan perusahaan lain yang lebih bagus
  • Kerjanya tidak cocok dengan keinginan
  • Gajinya kurang
  • Kesejahteraanya kurang
  • Tidak ada lemburanya
  • Tidak cocok dengan rekan kerja
  • Kerjanya terlalu capek dan berat
  • Atasanya menyebalkan
  • Dll

Tetapi menyerupai yang sudah saya katakan sebelumnya,JANGAN katakan ini ketika anda berhadapan dengan atasan anda.Karena dari banyak sobat yang mengalaminya,mereka kena murka dan dimaki-maki atasan ketika menyampaikan hal ini.Katakan saja sesuai apa yang saya tuliskan diatas.

Ok,setelah anda membaca dan memahaminya,sekarang waktunya melaksanakan apa yang memang harus anda lakukan.tetapi sebelum menentukan keputusan ini,saya harap anda sudah berfikir masak-masak terlebih dahulu mengingat pekerjaan untuk cerdik balig cukup akal ini sangat susah untuk didapatkan ( yang susai dengan keinginan ).

Demikian pembahasan ihwal bagaimana cara resign dari pekerjaan secara dadakan atau mendadak dengan alasan yang sempurna dan masuk nalar ketika ngomong ke atasan anda.Semoga sanggup membantu anda memecahkan duduk kasus yang sedang dihadapi.Terimakasih telah membaca,see uu.


0 Response to "Cara Resign Mendadak Dengan Alasan Yang Masuk Logika Dan Sempurna Untuk Atasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel