-->

Kisi-Kisi Test Psikotest Dan Interview Pt Adm ( Astra Daihatsu Motor )

Kisi-kisi test psikotest dan interview kerja PT ADM ( Astra Daihatsu Motor ) yang akan aku tulis ialah pengalaman pribadi dan teman sekelas dimana aku kurang beruntung sedangkan teman sekelas aku suksus lolos dan diterima bekerja pada perusahaan tersebut.Soal yang diberikan dan pertanyaan yang diajukan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain,tetapi tetap akan aku ulas berdasarkan usul salah satu pembaca setia website aku ini.

Tes psikotes kemudian interview dan medical chek up di PT ADM ( Astra Honda Motor ) aku jalani tanpa biaya alias tidak membayar sedikitpun alasannya ialah memang resmi dari perusahaanya tetapi memakai mediator BKK Sekolah Menengah kejuruan tempat aku bersekolah dahulu.Tetapi lewat jalur apapun asalkan itu resmi,kemungkinan besar alurnya akan sama,silahkan disimak baik-baik.


Kisi-Kisi Tes Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor )


kisi test psikotest dan interview kerja PT ADM  Kisi-Kisi Test Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor )


Daihatsu group ialah sebuah perusahaan internasional yang bergerak dibidang otomotif atau kendaraan bermotor dengan mempunyai banyak anak perusahaan yang berada diberbagai negara,salah satunya indonesia.Yang akan aku bahas kini ialah perusahaan yang terletak di daerah jakarta atau lebih tepatnya daerah daerah sunter.

Perusahaan dengan saragam khas berwarna putih-putih ini menjadi salah satu incaran para pencari kerja untuk melamar pekerjaan disana.Selain alasannya ialah gajinya yang besar ( masuk golongan 1 ) kesejahteraanya pun tidak kalah istimewanya.Tetapi bukan itu yang akan aku bahas,melainkan seputar proses seleksi karyawan pada perusahaan tersebut.

Sebelumnya,jika anda berniat untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut,ada beberapa langkah atau cara yang bisa anda ambil,antara lain :
  • Mengirimkan berkas lamaran pribadi pada alamat perusahaan ( harus mengerti cara menulis dan mengatur berkas lamaran yang baik )
  • Mengirimkan berkas lamaran melalui e-mail ( mengerti point penting dikala menulis lamaran via email )
  • Mendaftarkan diri pada BKK sekolah di banyak sekali daerah ( tidak semua BKK sekolah ada )


Sampai disini aku harap anda sudah mengerti,untuk pembahasan inti yaitu rangkaian proses seleksi karyawanya,kurang lebih ibarat ini :

1. Psikotes


Saya dan teman aku dulu mengikuti jalur mendaftar lewat BKK sekolah,kalau tidak salah ingat di Sekolah Menengah kejuruan 2 Kebumen.Seperti prosesi perusahaan lainya,langkah pertama ialah sikotes dan soal-soal yang diberikan dan diujikan pada tahapan ini antara lain :

a. Kreaplin/pauli

Ini merupakan soal yang berbentuk gugusan angka dasar yang berjejer dan berjumlah kurang lebih satu halaman besar sekitar 2 atau 3 kalinya kertas hvs biasa.Silahkan lihat gambar dibawah kalau anda belum mengerti bentuknya ibarat apa :

kisi test psikotest dan interview kerja PT ADM  Kisi-Kisi Test Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor )

Untuk mengerjakannya,anda hanya perlu menciptakan pola atau grafik yang benar.Karena yang dinilai BUKAN HANYA benar salahnya saja,tetapi point utamanya ialah grafik.Kenapa ibarat itu?karena dengan grafik tersebut,kemampuan anda akan terlihat ( ketahanan mental dan pikiran dikala menghadapi sebuah tekanan ).Jika anda belum mengerti cara yang benar,silahkan baca artikel aku ihwal mengatasi kesulitan kreaplin stau pauli.

Jika anda merasa dengan mengerjakan apa adanya tanpa trik dan intrik lebih bagus,tidak apa-apa,memang itu yang paling bagus,tetapi kalau anda selalu gagal dan dan gagal dikala mengerjakan soaln ibarat ini,ada baiknya anda membaca artikel diatas.

b. Pemahaman Gambar dan Menggambar

Anda akan diperintahkan untuk menggambar dengan pola yang sudah ditentukan didalam kotak yang tersedia.Kotak pertama ada sebuah titik,kotak kedua ada sebuah garis lurus,kotak ketiga ada sebuah garis melengkung dan beberapa kotak yang lain dengan pola dasar yang berbeda-beda.

Anda hanya perlu meneruskan pola dasarnya menjadi sebuah gambar ( tidak boleh menghapus pola gambar ) harus mmemngikutinya.Saran aku anda gambarlah objek untuk bekerja ibarat : gergaji,palu,tang,cangkul dan sebagainya.Ini penting supaya anda akan terlihat sudah terbiasa dengan dunia kerja.Tidak perlu terlalu bagus,yang penting terperinci itu gambar apa.

Ada juga pilihan ganda ( aku lupa jumlahnya dan usang waktu mengerjakanya berapa ),tetapi pada dasarnya akan ada beberapa puluh soal dimana anda harus " memainkan " imajinasi anda sebaik mungkin.Salah satu teladan soalnya ibarat ini :

" Ada 5 roda gir yang seling berdempetan.kemudian pertanyaanya : kalau roda gir paling kanan berputar kesebelah kanan,maka roda gir terahir akan berputar kemana? "

Semakin baik imajinasi dan daya nalar anda akan semakin gampang mengerjakanya.Untuk berlatih,silahkan anda cari gambar ibarat itu yang banyak tersedia pada GOOGLE SEARCH dan mulailah berlatih.

c. Matematika

Sebenarnya pada bab ini tidaklah terlalu sulit kalau anda tahu dan hafal banyak sekali rumus matematik dasar ibarat : luas berdiri ruang,waktu dan jarak,desimal dan matematik dasar lainya.Jadi untuk mempoersiapkan diri silahkan hafalkan rumus sebanyak mungkin.Disini hanya ibarat itu intinya.


Setelah anda selesai mengerjakan semua soalnya,pengumuman akan diberitahukan hari itu juga ( tergantung keputusan HRD kapan pengumumanya ).Dan kalau anda dinyatakan lolos,anda akan mengikuti sesi selanjutnya.

2. Interview atau Wawancara


Saat itu aku dinyatakan gagal ( gres pertama ikut seleksi karyawan ) tetapi teman aku lolos,dan dari pengalaman beliaulah artikel selanjutnya ini aku tulis.Menurut beliau,pertanyaan yang diajukan dikala sesi tanya jawab tidaklah susah alasannya ialah sebagian besar pesertanya gres saja selesai atau lulus sekolah menegah atas,jadi belum ada pengalaman untuk ditanyakan.Bentuk pertanyaanya kurang lebih ibarat ini :
  • Perkenalan
  • Ceritakan ihwal keluarga ( anak keberapa,berapa saudara,pekerjaan ayah dan ibu )
  • Hobi
  • Motivasi kerja
  • Prestasi di sekolah
  • Ceritakan ihwal akta ( Sekolah Menengah kejuruan ada akta mesin ) harus mengerti


Untuk bisa berhasil pada tahapan ini,anda harus tahu apa saja balasan yang benar dari pertanyaan-pertanyaan HRD.Jika anda belum tahu apa saja balasan yang benar,silahkan cari pada artikel aku yang lain,sudah aku tuliskan semua dengan detail.Tulis saja pada kotak " search " : interview,nanti akan keluar semua artikel aku yang berkaitan dengan itu.

3. Medical Chek UP


Teman aku lolos juga pada tahapan sebelumnya dan berhak mengikuti tahapan medikal ini.menurut penuturan belaiu,pengecekanya masuk akal dan tidak terlalu absurd - aneh.bagian yang dicek antara lain :
  • Mata
  • Darah
  • Urine
  • Rontgen


Banyak yang gagal pada pengecekan mata ( buta warna ).Jadi anda aku sarankan mencoba mengecek mata anda apakah buta warna atau tidak.Karena untuk buta warna,memang sangat sulit bisa mesuk ke perusahaan apalagi perusahaan besar.

4. OJT dan Training


Setelah anda dinyatakan lolos,anda belum TTD kontrak,melainkan masih ada satu tahapan lagi yaitu On The Job Training selama satu ahad ( 3 hari dikelas dan 4 hari di line ).

Untuk yang dikelas,anda akan memperoleh bahan seputar dunia kerja dan peraturan perusahaan,juga pengenalan semua hal ihwal perusahaan.Jika sudah 3 hari,anda akan dimasukan kedalam line atau mesin bakal calon tempat anda bekerja untuk waktu kedepan.

Akan dilihat apakah anda memang layak diterima ataukah tidak.Saran saya,saat 4 hari ini,gunakan waktu dengan sebaik-baiknya.Tunjukan bahwa anda memang benar - benar berniat dan bertekad untuk bekerja.Jika sudah satu minggu,anda dan akseptor lain akan dibawa kesebuah ruangan untuk pengumuman selesai siapa yang berhak TTD kontrak dan siapa yang gagal.


Catatan!

- Semua meruapakan hak penuh perusahaan dan HRD,jika nanti ada perbedaan,mohon dimaklumi,tetapi paling tidak anda sudah sedikit mengerti dan sedikit ada citra harus mempersiapkan apa saja.

- Tidak ada jaminan anda lulus kalau mengikuti apa yang aku tuliskan alasannya ialah rezeki itu TUHAN yang atur,saya hanya bercerita supaya anda tidak terlalu kebingungan akan ibarat apakah nanti.

Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :


- Jenis soal matematika yang sering menciptakan calon pelamar gagal ( nalar dan angka berderet )

- Cara menulis surat lamaran kerja yang benar

- Cara menciptakan NPWP dengan mudah


Demikian pembahasan ihwal Kisi-kisi test psikotest dan interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor ) yang pernah aku alami,semoga bisa sedikit membantu anda dan supaya anda bisa lolos dan diterima pada perusahaan tersebut.Terimakasih sudah membaca,see uu.



0 Response to "Kisi-Kisi Test Psikotest Dan Interview Pt Adm ( Astra Daihatsu Motor )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel