-->

Penyebab Tidur Sering Tersentak (Kaget), Cara Mengatasinya

Pernah mengalami kejadian tersentak tiba-tiba ketika sedang berbaring tidur di kasur? Terkadang tangan atau kaki tersentak dengan sendirinya ketika jiwa benar-benar tertidur.

Tidak sedikit orang yang mengalami terkejut atau tersentak ketika tidur, seperti merasa akan jatuh, padahal ketika itu sedang tidur lelap bahkan sudah bermimpi.

Contohnya, dalam mimpi, Anda seperti lagi berjalan di suatu tempati, sesudah itu terjatuh dari sebuah gedung yang sangat tinggi atau jatuh ke dalam jurang yang dalam.

Kalau Anda pernah merasakannya, jangan risau alasannya yakni anda tak sendiri. Hal ibarat ini sanggup dijelaskan secara ilmiah...

...dimana ketika dalam kondisi tidur, gelombang otak berjalan lebih lambat dan gerakan tersentak yang dialami itu alasannya yakni badan sangat lelah (yang menimbulkan tidak melalui tahapan tidur normal).

 Pernah mengalami kejadian tersentak datang Penyebab Tidur Sering Tersentak (Kaget), Cara Mengatasinya

Teryanta, fenomena ibarat ini tidaklah berbahaya, yang dinilai normal dari kacamata medis. Waktu tertidur, otot badan mulai mengendur dan lemas.

Ketika otak mendapatkan tanda bahwa Anda akan jatuh, maka otak pribadi mengirimkan pesan pada otot untuk mengencang supaya tetap tegak, sehingga menciptakan Anda merasak tersentak dan kaget, yang seolah-olah bermimpi terjatuh.


Fenomena unik ini terjadi pada tahapan Polisomnografi, sebelum kau masuk ke tahapan mimpi. Tidur terkejut ibarat itu terjadi pada orang yang kekurang mendapatkan waktu tidur, atau terbangun ketika seharusnya waktunya tidur.

Yang cukup sering terjadi, orang yang mengalami tidur kaget sepert itu, yang membuatnya hingga terbangun, tetapi sesaat kemudian sanggup melanjutkan tidur dengan kondisi damai.

Menurut dokter Kartika Mayasari
Dokter Kartika Mayasari, dari layanan e-Konsultasi Klikdokter, menjelaskan bawha rasa terkejut atau tersentak ketika tidur dinamakan hypnic jerk atau sleep starts.

Seringnya, ketika seseorang tertidur dan bermimpi, orang tersebut aktif dalam mimpi tetapi badan tidak bergerak. Sistem aktivasi retikuler tidak aktif secara penuh (melambat) dan otot mengalami relaksasi.

Tidak jarang, sentakan ini menciptakan seseorang ibarat mengalami kondisi sedang berjalan kemudian terjatuh.

Menurut Prefessor Gaby Badre
Adapun berdasarkan Prefosor Gaby Badre, pakar tidur dari The London Clinic, bahwa kondisi ibarat mengalami hentakkan ketika tidur merupakan kondisi yang wajar.

"Umumnya, ketika tidur insan melewati banyak sekali fase, dari sadar hingga lelap," ujarnya.

Ketika tidur memasuki waktu antara 45-60 menit, insan memasuki alam mimpi, yang hal ini (saat tidur) cukup sering ditandai gerakan semu di kelopak mata.

Loading...

Dari info dari DailyMail, ketika berada di alam mimpi, seluruh otot badan tidak berfungsi, risikonya insan tidak sanggup melaksanakan apapun di dalam mimpi, ibarat rasa ingin teriak ataupun berlari.

Tetapi menurutnya, hal ini sanggup berbeda ketika kondisi badan dalam keadaan lelah, letih, dan tertekan.

"Dalam keadaan lelah, citra mimpi yang masuk ke pikiran insan lebih jelas, lebih nyata. Sesuatu yang mendekatkan insan dalam alam sadar. Karena ototnya tidak istirahat dengan benar, maka otot dalam badan bergerak dan badan otomatis terjaga," katanya.

Menurut Prefosor Gaby Badre, fenomena yang banyak dikhawatirkan orang-orang ini merupakan hal yang masih normal. Fenomena ini sanggup berkurang dengan mempunyai yang tidur berkualitas.

"Oleh alasannya yakni itu, contoh tidur diharapkan oleh Anda, supaya badan nyaman dan kesehatan terjaga," ujarnya.


Cara mengatasinya
Tersentak atau kaget ketika tidur sanggup terjadi alasannya yakni kebiasaan konsumsi kafein dan alkohol, bekerja atau beraktivitas yang cukup berat sebelum tidur, badan yang terlalu lelah...

...mengalami stres atau kondisi jiwa yang emosional, serta kondisi daerah tidur (atau lingkungan tidur yang tak nyaman). Penggunaan obat medis juga sanggup menjadi faktor pemicu.

Disarankan untuk beralih ke kopi bebas kafein, kemudian hindari olahraga ketika mau tidur, hendaknya olahraga dilakukan pada pagi hari.

Mengonsumsi pisang dinyatakan sanggup bermanfaat untuk melancarkan transisi dari bangkit ke tidur, yang sanggup mencegah sentakan dalam tidur.


Sumber https://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/

0 Response to "Penyebab Tidur Sering Tersentak (Kaget), Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel